From Tsunami With Love: AcehHaiti

haiti rescue workers

tanggal 13 januari 2010 nampaknya menjadi sejarah pahit bagi bangsa haiti. sebuah   bencana  yang tanpa dinyana telah meluluh-lantakkan negara mereka terlebih dulu tercabik akibat konflik yang melanda. tsunami telah merenggut ratusan ribu korban. hingga sekarang penanganan mereka para korban tsunami masih berlangsung. dari pejabat hingga selebritis cawe-cawe menggalang dana lewat berbagai cara. konser musik hingga acara amal. namun nampaknya masih banyak hal yang menghambat penyaluran bantuan. mulai dari masalah birokrasi hingga masalah kondisi di lapangan. selain itu kondisi ini makin diperparah dengan konflik yang menyulitkan penyaluran bantuan untuk bisa sampai ke lapangan.

aceh, penghujung 2004, juga pernah mengalami hal serupa. gempa besar yang menyebabkan tsunami telah merenggut ratusan ribu jiwa masyarakat aceh.  kondisi aceh saat itu juga tengah dalam kondisi konflik bersenjata antara Gerakan aceh merdeka dan pemerintah indonesia.

namun ada hal yang menarik yang patut dicatat dan diacungi jempol. sebuah hikmah yang dinikmati masyarakat aceh sekarang. tsunami telah membaawa perdamaian ke tanah aceh. tsunami tampaknya telah membuka hati pihak-pihak yang telah lama berseteru untuk duduk dalam meja perundingan untuk mencari solusi perdamaian di aceh.

bencana yang merenggut banyak korban dari kedua belah pihak akhirnya sanggup menyadarkan bahwa semua perlu bersatu untuk membangun aceh kembali dan menyingkirkan ego masing-masing demi kepentingan seluruh rakyat aceh.

sekarang kita semua, warga dunia, menunggu bagaimana perkembangan di haiti. apakah pihak-pihak yang saling berkonflik bersedia berlapang dada dan mencari solusi perdamaian sebagai salah satu syarat untuk membangun kembali haiti. apakah semua pihak bersedia untuk legowo dan mulai mencari persamaan diantara mereaka dan bukannya malah mencari perbedaan untuk mulai menambah bahan bakar konflik.

apakah tsunami yang telah menimpa ini sanggup menumbuhkan cinta diantara sesama anak bangsa haiti untuk mulai bergandengan tangan dan membangun kembali negaranya yang telah terkoyak akibat konflik dan tsunami. kita tunggu saja. from tsunami with love: acehhaiti.

sumber foto: voanews