Setahun menjabat, langsung dapat pensiun seumur hidup

gedung DPR RI Jika anggota KPK menolak uang pensiun yang seharusnya mereka terima sebagai purna pejabat negara dengan alasan memberatkan keuangan negara namun tidak sebaliknya dengan anggota dewan.

Para anggota dewan yang telah menjabat lebih dari satu tahun, andaikata tidak lagi bertugas sebagai anggota dewan maka ia berhak atas uang pensiun seumur hidup dengan asumsi bahwa anggota dewan juga merupakan pejabat negara.

Hal ini dibenarkan oleh Andi Rahmat, anggota komisi IX dari fraksi PKS sebagaimana dilansir detik.com. Andi bahkan menambahkan bahwa yang mendapatkan adalah anggota yang telah menjabat yang telah bertugas lebih dari satu tahun. Ia mengakui uang pensiun yang akan diterima seorang anggota dewan jumlahnya lebih kecil dari uang pensiun seorang menteri. Menurut dia besaranya hanya dalam kisaran uang pensiun seorang dirjen.

Ketika ditanya lebih jauh bagaimana jika anggota dewan tersebut kemudian berganti menjadi menteri, Andi menjelaskan lebih jauh andaikata anggota dewan tersebut berganti posisi menjadi menteri maka ia tidak akan mendapatkan pensiun. Namun di akhir masa jabatannya, ia berhak memilih antara gaji seorang dewan ataukah gaji seorang menteri.

Menurut anda, adilkah yang demikian jika dilihat bahwasanya gaji anggota dewan dalam setahun hampir mencapai 1M namun ketika selesai masa jabatannya, ia masih mendapatkan uang pensiun. Hati nurani anda yang bisa menilai.

Sumber:detiknews.com Sumber foto:satunews.com

2 thoughts on “Setahun menjabat, langsung dapat pensiun seumur hidup

Komentar ditutup.