Bukan April Mop: Ganja Ternyata Antikanker

Ganja yang selama ini seringkali disalahgunakan ternyata mengandung manfaat dalam penanganan kanker otak. Setidaknya demikian kesimpulan penelitian Guillermo Vellasco dan kawan-kawan di Universitas Complutense, Spanyol.

Penelitian ini mengungkapkan bahwasanya cannabinoid yang merupakan komponen aktiv dari marijuana atau ganja ternyata mempunyai efek antikanker. Tetra Hydro Cannabinol atau THC yang terkandung dalam marijuana ternyata mampu memicu sel kanker otak dalam kultur untuk mati melalui proses autofagi.

Sesuai dengan data penelitian, pemberian THC kepada tikus dengan tumor manusia ternyata menurunkan pertumbuhan tomor serta menginduksi sel untuk melakukan proses autofagi. Menurut analisis dari dua pasien yang mengalami kekambuhan dari glioblastoma multiforme (sebuah tumor otak yang terkenal agresif) yang menerima pemberian THC secara intrakranial menunjukkan adanya tanda-tanda terjadinya prose autofagi, peneliti menyarankan bahwasanya pemeberian THC mungkin merupakan pendekatan baru dalam penanganan kanker.

Catatan: tidak disarankan untuk mulai mengonsumsi ganja hanya karena membaca artikel penelitian ini

Sumber: SD Foto:SD

4 thoughts on “Bukan April Mop: Ganja Ternyata Antikanker

  1. didikoseng

    Ganja menjadi tanaman yang dilarang karena alasan politis yang tidak masuk akal, ganja menurut saya bermanfaat untuk mengobati schizophrenia. Memang penggunaannya harus dalam pengawasan supaya tidak disalahgunakan.

    Balas
  2. Wahyu Budi Utomo

    dilihat antara manfaat dan sia-sianya lebih besar mana??klo lebih besar sia-sianya walaupun ada manfaatnya y jgn dikonsumsi…semua yang ada didunia ni relatif…barang yang jelek tidak selamanya tanpa khasiat/manfaat, tetapi jika khasiat/manfaat itu cenderung lebih kecil dari efek sampingnya y dijauhi aja…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s