Hamil Turunkan Resiko Artritis

Sebuah studi menunjukkan bahwa perempuan yang pernah melahirkan mempunyai resiko yang lebih rendah terkena rheumatoid artritis dibandingkan dengan perempuan yang tidak mempunyai anak meski kemudian efek proteksi ini akan menghilang setelah beberpa waktu kemudian.

Rheumatoid Arthritis (RA) muncul ketika sistem imun melakukan kesalahan dengan menyerang jaringan tubuh penderita sendiri yang akhirnya memicu terjadinya radang sendi, nyeri serta kerusakan sendi secara progresif.

Beberapa studi, namun tidak semuanya, menunjukkan bahwa kehamilan menurunkan resiko terkena RA meski mengapa penyebab kehamilan ini dapat menurunkan resiko tersebut tidak diketahui secara jelas. Ada dugaan bahwa sel janin yang ditransfer kepada ibu mungkin merupakan penyebab kenapa resiko RA pada ibu hamil menjadi menurun.

Sebuah studi terbaru, para peneliti di Fre Hutchinson Cancer Research dan Univesity of Washington in Seattle memeriksa riwayat kehamilan dari 310 perempuan hamil yang terkena RA serta 1418 perempuan yang tidak terkena RA.

Secara keseluruhan, perempuan yang setidaknya mempunyai seorang anak mempunyai resiko 39% lebih rendah dibandingakn dengan perempuan yang sama sekali tidak pernah hamil dengan beberapa faktor yang terkait untuk menurunkan resiko RA seperti umur dan kontrasepsi oral diikutsertakan.

Namun menurut Dr. Katherine A Guthrie, proteksi ini kemudian menurun seiring berjalannya waktu sebagaimana dilaporkan di jurnal Arthritis & Rheumatism.

Perempuan yang mempunyai anak dalam lima tahun terakhir mempunyai resiko 71% lebih rendah jika dibandingkan dengan perempuan yang tidak mempunyai anak sementara proteksi ini menurun menjadi hanya 24% jika mempunya anak sekitar lima belas tahun sebelumnya.

“Yang paling menarik bagi kami,” ujar Guthrie, “adalah hubungan resiko perempuan untuk memiliki RA  dari saat persalinan –meski kemudian menghilang seiring waktu- karena penelitian mendukung hipotesis bahwa sel janin, yang sekarang diketahui bertahan beberapa tahun setelah persalinan, mungkin bermanfaat bagi ibu",” tambah Guthrie.

Sumber:Reuters Foto:alaska in picture

Beranda  Daftar Isi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s