Selangkah Lebih Dekat Penanganan Autis

Saat ini autis merupakan salah satu kekahawatiran terbesar ayah-bunda ketika melihat buah hatinya begitu asyik dengan mainan mereka serta cuek ketika diajak berkomunikasi dengan sekitarnya. Telah banyak studi yang mencoba mengungkap mulai dari penyebab hingga terapi dengan berenang dengan lumba-lumba.

Namun peneliti di Biomed Central baru-baru ini menemukan gen yang terkait dengan Kelainan Spektrum Autis (Autistic Spectrum Disorder/ASD). Penelitian ini dilakukan pada 661 keluarga. Hasil yang diterbikan di jurnal Molecular Autism menemukan bahwa variasi dalam gen untuk dua protein otak, LRRN3 dan LRRTM3 secara nyata terkait dengan kerentanan terhadap ASD.

Anthony Monaco dari Wellcome Trust Centre for Human Genetics, Universitas Oxford, Inggris, yang bekerjasama dengan tim peneliti internasional untuk meneliti kandidat gen dalam keluarga di empat negara yaitu Inggris, Belanda, Itali dan Jerman. Menurutnya, penelitian ini merupakan penelitian yang palin komprehensif terkait dengan gen dan resiko ASD.

Ini merupakan bukti bahwa variasi genetik di LRRTM3 dan LRRN3 menunjukkan kerentanan terhadap ASD

Protein-protein yang dikode oleh dua gen ini terkait dengan perkembangan otak yang seringkali terganggu pada pasien autis. Secara khusus, LRRN3 diperkirakan memainkan peran dalam perkembangan dan perawatan sistem saraf sedangkan LRRTM3 merupakan bagian dari keluarga protein yang diduga menghubungkan koneksi sinap.

Masih menurut Monacco, studi gen pilihan yang terfokus dilakukan menggunkan pendekatan keterkaitan untuk menidentifikasi varian pada kohort di Inggris dan di populasi Eropa sebaga tambahan.

“Ini merupakan bukti bahwa variasi genetik di LRRTM3 dan LRRN3 menunjukkan kerentanan terhadap ASD. Studi ke depan tentang gen dan fungsinya akan memberikan pengetahuan yang berharga tentang peran pathogenesis ASD”.

Sumber:SD Sumberfoto Sumberfoto:democracycellproject.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s