Multivitamin Tingkatkan Resiko Kanker

Selama ini anda mengonsumsi multivitamin?! Tunggu dulu. Sebaiknya anda membaca dulu artikel yang ditrebitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition ini.

Dalam sebuah studi yang diselenggarakan di Swedia yang meneliti 35 ribu perempuan dengan usia antara 49 sampai 83, dimana 25,5% nya mengonsumsi multivitamin. Setelah 10 tahun diikuti, 974 diantaranya kemudian didiagnosa menderita kanker payudara dan 293 orang dari kelompok ini mengonsumsi multivitamin.

Secara keseluruhan, perempuan yang mengonsumsi multivitamin mempunyai kecenderungan 19% mengalami kanker payudara dibanding kelompok yang tidak mengonsumsinya. Hasil penelitian ini menegaskan faktor resiko lainnya seperti riwayat keluarga, usia, indeks massa tubuh, rokok serta konsumsi alkohol.

Menurut studi yang dipimpin oleh Susanna C. Larson, PhD, dari divisi epidemiolog nutrisi di National Institute of Environmental Medicine di Karolinska Institute, Stockholm, Swedia, diperlukan penelitian yang lebih jauh mengenai keuntungan dan efek samping pemakaian multivitamin.

Benarkah Multivitamin Meningkatkan Resiko Kanker Payudara?

Studi di atas tidak menjelaskan secara rinci penyebab dan efek namun studi menjelaskan keterkaitan pemakaian multivitamin dengan resiko kanker payudara.

Ada beberapa fakto yang mungkin saja terkait dengan peningkatan resiko ini. Salah satunya, asam folat, salah satu unsur yang biasanya terkandung dalam muktivitamin ini dapat meningkatkan kepadatan payudara yang mungkin saja merangsang tumbuhnya kanker.

Selain itu, zat besi dan zinc, menurut beberapa studi juga dikatakan terkait dengan naiknya resiko terkena kanker.

“Mungkin ada beberapa komponen dalam multivitamin yang meningkatkan resiko kanker payudara,” ujar Dr. Katherine Lee, asisten profesor medis di Cleveland Clinic di Ohio. “Meski kita tidak tahu komponen itu yang mana,” tambahnya.

“Jika anda mengonsumsi diet yang sehat, anda tidak akan membutuhkan multivitamin,” papar Dr. Lee

Meski demikian Dr. Lee menjelaskan penelitian ini bukan alasan untuk berhenti mengonsumsi multivitamin. Namun ia tidak menyarankan untuk tidak mengonsumsi multivitamin kecuali pada keadaan malnutrisi yang membutuhkan suplemen

Sumber: WebMD Foto:istockphoto

Beranda Daftar Isi

2 thoughts on “Multivitamin Tingkatkan Resiko Kanker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s