Saat Dokter Tidak Mau Menangani Pasien

Bagaimana rasanya jika suatu saat anda atau keluarga anda sakit atau mengalami kecelakaan lantas anda datang ke tempat praktik dokter atau rumah sakit. Di sana setelah ditanya sedikit tentang informasi mengenai diri anda kemudian dokter berkata, “Maaf, saya tidak bersedia menangani anda. Silakan anda mencari dokter atau rumah sakit yang bersedia menangani atau menampung anda”. Mungkin perasaan anda akan marah luar biasa bahkan jika anda cukup bernyali anda akan memukul, lebih jauh, jika anda mempunyai cukup uang, anda akan menuntut dokter atau rumah sakit hingga cleaning service-nya pun pulang dan menjadi kere.

Tapi syukurlah itu hanya sebuah polemik yang terjadi di AS pasca persetujuan kongres terhadap usulan Obama mengenai reformasi dalam bidang kesehatan. Setelah berbulan-bulan isu mengenai reformasi kesehatan yang menibulkan banyak polemik ini akhirnya disetujui oleh kongres setelah lobi-lobi yang alot dan akhirnya dmenangkan oleh kubu yang pro dengan reformasi pemerintah dalam sektor kesehatan meski dengan selisih suara yang sangat tipis.

sekitar 46% rakyat AS tidak setuju dengan reformasi kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintahan Obama berbanding dengan 44% yang mendukung reformasi

Namun ternyata polemik itu terus saja berlanjut meski UU reformasi kesehatan disetuju. Seperti dilaporkan oleh VOA dalam sebuah jajak pendapat apakah rakyat Amerika setuju dengan reformasi kesehatan atau tidak. Hasilnya sungguh mengejutkan. Sekitar 46% rakyat AS tidak setuju dengan reformasi kesehatan yang dicanangkan oleh pemerintahan Obama berbanding dengan 44% yang mendukung reformasi. Reformasi kesehatan yang berusaha di-golkan oleh pemerintahan Obama ini pada dasarnya bertujuan agar layanan  kesehatan dapat mencakup sekitar 30 juta rakyat yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Bandingkan dengan jajak pendapat yang juga dilakukan oleh VOA tentang apakah rakyat AS setuju dengan reformasi ekonomi pemerintah, lebih dari 80% mayoritas rakyat setuju dengan reformasi dalam sektor ekonomi.

Kontroversi seputar ketedikbersediaan dokter menangani para pendukung Obama ini bermula dari sebuah wawancar dengan seorang dokter urologi asal Florida. Sang dokter menolak untuk melayani pasien yang setuju dengan pilihan Obama untuk melakukan reformasi kesehatan dengan alasan pemerintah akan memotong anggaran perawatan kesehatan. Meski akhirnya ketika didesak diujung wawancara, sang dokter ternyata tidak mengetahui detil isi dari UU tersebut.

Di lain pihak, Asosiasi Layanan dan Perawatan Rumah Nasional menyatakan pujiannya  terhadap RUU reformasi kesehatan yang diluncurkan oleh pemerintahan Obama. Mereka menyatakan bahwa denagn adanya UU ini anggaran kesehatan bukannya terpotong melainkan malah bertambah.

Sumberfoto:gettyimages

 

Beranda       Daftar Isi

4 thoughts on “Saat Dokter Tidak Mau Menangani Pasien

    1. Arief Rachman Penulis Tulisan

      walah..sama aja mas😀
      kata orang presiden amrik dan indonesia sama-sama presiden “pencitraan” dan sama-sama mempunyai “masalah”politik dengan lawan politik masing-masing

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s