Media Dan Persaingan Blogging Platform

Siapa mengira bahwa blog hanya sekedar uneg-uneg pribadi atau hanya sebuah ekpresi yang tidak bisa ‘merubah’ dunia? Siapa pula yang akan menyangka sebuah blog sanggup mempengaruhi para konstituen di Amerika atau mungkin bagi anda di Indonesia ketika anda harus membeli sebuah gadget dan memerlukan referensi, anda mencarinya lewat Google dan menemukan di sebuah blog?

Semenjak booming Web 2.0, blog menjadi sarana bagi konsumen media terutama internet untuk turut serta, ikut ‘nimbrung’ dan cawe-cawe dalam sebuah berita. Media yang selama ini hanya berjalan searah, dari pemilik media ke konsumen media, kini proses itu menjadi proses yang berjalan dua arah. Sebuah proses komunikasi yang timbal balik dimana media memberitakan peristiwa dan konsumen menaggapinya, mengomentari atau malah menyanggah isi dari media yang dipublikasikan ke publik.

Perubahan itu kemudian akhirnya merubah pola pembentukan opini di masyarakat. Dari semula yang mutlak hanya dikuasai media menjadi sedikit banyak, konsumen media, memeberikan warna baru dalam pembentukan opini. Bayangkan konsumen yang begitu bergantung kepada media seperti pada medio abad 20 menjadi masyarakat yang mampu menyaring informasi kemudian membuat pemberitaan dirinya sendiri lantas diteruskan dengan menyebarkannya secara publik.

Di sinilah peran sebuah blog. Sebuah metamorfosis blog dari media untuk sekedar ‘coret-coret’ pribadi kemudian menjadi sarana mencari penghasilan tambahan hingga menjadi sebuah corong dari para pemikir.

Kemudian ini ditanggapi oleh perusahaan software untuk menghasilkan platform untuk para konsumen media membuat blog mereka sendiri. Piranti lunak untuk membuat blog ini pada dasarnya terdiri dari berbagai versi. Dahulu dikenal misalnya layanan weblog seperti Blogspot yang merupakan layanan gratis dan berubah menjadi Blogger setelah diakusisi Google hingga akhir-akhir ini banyak situs jejaring sosial seperti MySpace memberikan layanan blog bagi para penggunanya.

Kemudian dengan semakin maraknya budaya blogging di masyarakat disertai makin menguatnya keinginan untuk menjadikan piranti lunak sebagai milik publik maka para produsen pun akhirnya melepas piranti lunak ke publik dengan embel-embel open source.

bayangkan konsumen yang begitu bergantung kepada media seperti pada medio abad 20 menjadi masyarakat yang mampu menyaring informasi kemudian membuat pemberitaan dirinya sendiri lantas diteruskan dengan menyebarkannya secara publik

Banyak piranti lunak platform blogging yang gratis. Di wikipedia terdapat lebih dari 20 platform blogging dengan berbagai bahasa pemrograman mulai dari java hingga Ruby on rails. Namun yang paling terkenal mungkin adalah WordPress dan MovableType.

Di dunia maya, blog-blog saling berlomba untuk mendapatkan pengaruh yang sebagian besar dihitung dari berapa banyak kunjungan ke situs. Sebuah blog direktori seperti Technorati mencatat, saat ini, blog yang paling tinggi ratingnya adalah The Huffington Post dan Techcrunch.

The Huffington Post yang dimiliki oleh Arianna Huffington dan bermotto “Breaking News and Opinions on The Huffington Post” ini menggunakan MovableType sebagai platform blognya. Blog ini lebih banyak berkutat seputar politik di AS meski tak jarang menampilkan berita mengenai entertainer Hollywood atau breaking news dari luar negeri. Di sisi lain, situs ini juga memuat para kolumnis terkenal untuk menulis dalam blognya. Namun pada intinya situs ini lebih menyoroti kebijakan AS baik itu di dalam maupun luar negeri. Dalam sehari situs ini di-klik puluhan ribu kali oleh para konsumen media. Saat ini, The Huffington Post memiliki rating tertinggi di Technorati.

Posisi kedua blog yang berpengaruh dipegang oleh Techcrunh. Sesuai namanya, blog yang berplatform WordPress serta di-hosting pada WordPress VIP, lebih banyak mengetengahkan tema-tema seputar teknologi dan gadget. Situs ini didirikan tahun 2005 oleh Michael Arrington dan bertujuan untuk mereview perusahaan dan pruduk internet. Sama seperti The Huffington Post, situs ini juga menuai banyak klik dari pengunjungnya.

Sumberfoto:robertsalceda.com

 

Beranda       Daftar Isi

5 thoughts on “Media Dan Persaingan Blogging Platform

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s